Berbagai jenis lensa kaca mata

Jenis lensa kaca mata

1. Lensa Single Vision.

Lensa jenis ini dapat digunakan oleh penderita myopia (rabun jauh), penderita hipermetropia (rabun dekat), dan penderita astigmatisma (melihat benda dengan berbayang). Dikatakan singgle vision karena lensa jenis ini hanya memiliki satu titik fokus saja. Pada umumnya, lensa kaca mata saat ini juga telah dilengkapi dengan anti UV400 (lapisan Super Sin), untuk menangkal sinar ultra violet. Khusus lensa ukuran 0 dan minus, juga dilengkapi lapisan anti radiasi, yang disebut lapisan anti EMI (Electro Magnetic Integrated).

2. Lensa Bifokal.

Lensa jenis ini biasa disebut juga dengan lensa Jauh Dekat. Disebut demikian karena ini mempunyai 2 titik fokus pada setiap lensanya. Sehingga dapat digunakan sekaligus untuk melihat jauh, dan melihat dekat. Lensa ini Mempunyai  bidang kecil di sebelah bawah, yang disebut Segmen. Segmen yang berada di sebelah bawah inilah yang digunakan untuk membaca, ataupun kegiatan – kegiatan lain yang  kita lakukan dalam jarak dekat. Pengguna lensa ini adalah para penderita presbiopia.
Secara umum ada dua jenis lensa Bifokal, yaitu :

· Bifokal Kryptok.
Pada lensa ini, batas segmen sebelah atasnya berupa lengkungan.

· Bifokal Flattop
Pada lensa ini, batas segmen sebelah atasnya merupakan garis lurus.

3. Lensa Progresif

Seperi halnya lensa bifokal, lensa jenis ini juga memiliki 2 titik focus pada tiap lensanya. Yang membedakan lensa ini dengan lensa bifokal biasa adalah tidak adanya jarak antara focus untuk melihat jauh dengan focus untuk melihat dekat. Sehingga lensa jenis ini dapat meningkatkan resolusi penglihatan dan kenyamanan secara maksimal.

4. Lensa Transmatic/Otomatis

Lensa transmatic adalah lensa yang otomatis akan berubah warna menjadi gelap (berwarna abu-abu gelap) ketika terkena sinar ultraviolet. Ketika lensa tidak terkena sinar ultraviolet lagi, maka secara bertahap lensa akan kembali bening seperti semula. Lensa jenis ini akan menjadi gelap ketika terkena sinar matahari yang mengandung ultraviolet. Namun tidak akan terpengaruh oleh cahaya lampu di dalam ruangan, karena sinar lampu tidak mengandung ultraviolet. Karena kaca film mobil yang sudah mengandung anti ultraviolet, maka lensa transmatic ini tidak akan berubah menjadi terlalu gelap di dalam mobil. Dengan memakai lensa jenis ini, ketegangan dan kelelahan mata dapat dikurangi, khususnya bagi orang yang sering beraktifitas di luar dan didalam ruangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *