Gangguan mata silinder (astigmatisma)

Gangguan mata silinder disebut pula dengan astigmatisma. Idealnya, mata kita berbentuk bulat seperti bola sepak, sehingga semua sinar yang dibiaskan dari suatu object yang masuk ke dalam mata kita akan bertemu di satu titik retina.

Bagaimana Astigmatisma terjadi ?

Pada kelainan mata astigmatisma, bola mata berbentuk ellips atau lonjong, seperti bola rugby, sehingga sinar yang masuk ke dalam mata tidak akan bertemu di satu titik retina. Sinar akan dibiaskan tersebar di retina. Hal ini akan menyebabkan pandangan menjadi kabur, tidak jelas, berbayang, baik pada saat untuk melihat jarak jauh maupun dekat.

Astigmatisma terjadi karena kelainan refraksi pada permukaan kornea mata. Kelainan astigmatisma yang kecil akan mengakibatkan ganguan ketajaman penglihatan yang ringan, namun dapat menyebabkan sakit kepala, ketegangan pada mata dan kelelahan.

Bagaimana Astigmatisma dapat dikoreksi ?

Cara mengkoreksi astigmatisma adalah dengan memberikan lensa silinder. Pasien dapat mengalami kelainan astigmatisma dan myopia (rabun jauh) atau hypermetropia (rabun dekat). Jika hal ini terjadi, dapat diatasi dengan memberikan kombinasi antara lensa spheris dan lensa silinder, ditempatkan pada axis / derajat yang sesuai.

Selain kacamata dengan lensa silinder, saat ini telah tersedia lensa kontak yang dapat mengkoreksi kelainan astigmatisma. Lensa kontak RGP (Rigid Gas Permeable) dapat digunakan untuk mengkoreksi kelainan astigmatisma. Karena konsistensinya keras, RGP tidak mengikuti bentuk permukaan kornea, sehingga air mata yang berada di antara lensa RGP dan permukaan kornea mata akan membentuk suatu lapisan yang dapat menetralkan astigmatisma.

Seiring dengan perkembangan teknologi, produsen lensa kontak lunak (soft contact lens) juga membuat lensa kontak yang khusus didesain untuk kelainan astigmatisma. Kelebihan dari lensa kontak lunak adalah lebih nyaman dibandingkan dengan RGP dan merupakan pilihan tepat bagi mereka yang mengalami kelainan astigmatisma tinggi yang tidak dapat diatasi dengan RGP. Lensa kontak lunak untuk astigmatisma dikenal dengan nama lensa kontak toric.

Lensa kontak toric tersedia dalam bentuk disposable (bulanan) maupun conventional (tahunan). Lensa kontak toric disposable lebih disarankan karena dengan pemakaian yang bulanan, lensa kontak akan lebih sering diganti dengan yang baru, sehingga mengurangi resiko komplikasi pada mata.

Jangan Abaikan Astigmatisma

Jika anda mengalami gangguan astigmatisma dan selama ini ingin menggunakan lensa kontak, atau saat ini telah memakai lensa kontak spherical biasa, anda akan mendapatkan ketajaman penglihatan mata yang lebih baik dan nyaman dengan menggunakan lensa kontak toric.

Kaca mata dan lensa kontak bukanlah suatu produk yang dapat dibeli begitu saja, tetapi memerlukan pemeriksaan mata seksama sebelum memutuskan lensa kontak jenis apa yang tepat untuk mata anda.

Jasa Optik dengan tenaga ahli profesional menawarkan pemeriksaan yang seksama untuk mata anda. Dengan peralatan modern, kami mampu melakukan pemeriksaan dan analisa teliti pada mata, sehingga dapat membantu anda memilih kaca mata ataupun lensa kontak yang paling tepat untuk mata anda.

Mata sangat berharga, karena itu jagalah selalu kesehatan mata anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *